Kamis, 02 Februari 2017

RINDU

Rindu

Ada dua macam kerinduan. Yang pertama tersebab pernah mengalami dan ingin mengulangnya lagi. Yang kedua tersebab belum pernah mengalami dan ingin merasakannya suatu hari sehingga rela menanti hingga datangnya hari. (Parafrasa kutipan @fahdpahdepie, 2011 -kalau nggak salah- dalam video “Revolvere Project”)

Bicara tentang rindu, pernahkah mengalami keduanya? Ya… Sepertinya setiap dari kita lumrah bila pernah dilanda rindu. Kerinduan-kerinduan sederhana (namun berbeda) seperti rindu masakan bunda atau justru rindu ingin mencoba makanan unggahan akun kuliner yang sedang muncul di beranda; seperti rindu sama hp jadul kesayangan itu atau justru rindu ingin membeli hp baru; seperti rindu guru, rekan, saudara, serta kawan lama yang sekian waktu tak lagi jumpa atau malah rindu ingin bertemu dengan Rasul-Nya kelak di surga; seperti rindu pada seseorang dari masa lalu atau justru pada seseorang di masa depan yang sebenarnya belum kita tahu; seperti rindu masa-masa awal perjuangan kuliah atau malah rindu ingin diwisuda segera sajalah.

Sederhana ya rasa rindunya, namun sesederhana apapun kerinduan itu (yang pertama ataupun yang kedua), akibatnya pada sang perindu tak pernah sederhana. Rindulah yang membuat seseorang bertindak atau berubah. Kerinduan pertama memacu diri, kerinduan kedua pun demikian. Sebab rindu pada ibu, diri terpacu tuk menyelesaikan segala urusan demi segera bertemu. Sebab rindu pada orang-orang yang dulu ditemui, diri tergerak untuk bersilaturahim kembali. Sebab rindu ingin hp baru, diri termotivasi untuk lebih giat bekerja. Sebab rindu pada Rasulullah, diri terpacu untuk meneladani dan berubah, hijrah. Sebab rindu ingin sarjana, diri tercambuk untuk merampungkan tugas akhir segera. Begitulah, cara kerja gaya rindu menekan manusia untuk berubah.

Jadi kerinduan macam apa yang tengah kau alami kini? Apapun itu, semoga rindu itu tetap kau tuntun ke arah yang baik dan membaikkanmu.

©DwisRiyuka | 20160130

0 komen pemBACA:

Posting Komentar

Komentari yang sudah diBACA yuk :)