Jumat, 30 September 2016

RESEP: Kembang Kol Crispy Saus Tomat



Kembang Kol Crispy Saus Tomat

 Basic-nya sih resep ini terinspirasi dari masakan ibuku. Dulu pas masih di rumah, ibuku bikinin jamur crispy atau kembang kol crispy biar kita nggak jajan sembarangan. Sekalian buat lauk soalnya lagi bosen sama tumisan. Hasilnya emang sip deh, bisa buat camilan sekaligus lauk, tinggal dicocol saus tomat atau sambel favoritmu. Tapi yang ini coba kumodifikasi pake siraman saus tomat kreasi sendiri deh, soalnya aku nggak doyan saus tomat instan.

Bahan-bahan:

2 porsi
Bahan Kembang Kol Crispy:
1 bonggol Kembang Kol
2 sdm Tepung bumbu serba guna, saya pakai merk Sajiku
1 bonggol Kembang Kol, dipotongi sesuai kuncup
secukupnya garam
Bahan Saus Tomat:
1 buah Tomat ukuran sedang/besar, potong dadu
1 sdm Tepung maizena, larutkan
1/4 siung bawang bombay, diiris tipis
3 siung bawang merah, diiris tipis
2 siung bawang putih, dicincang halus
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
1 sdt penyedap rasa, saya pakai Masako
3 buah cabai rawit
secukupnya lada bubuk
secukupnya air

Langkah-Langkah:

MEMBUAT KOL CRISPY

Campurkan tepung serbaguna, tepung terigu, dan garam. Lalu tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai semua larut dan kekentalannya pas. Masukkan kembang kol yang sudah dipetiki/dipotong per kuncup. Aduk aduk sampai seluruhnya terbalut tepung. Kemudian, goreng dalam minyak panas (minyaknya yang banyak ya) sampai kuning kecoklatan. Gunakan api kecil-sedang, supaya nggak cepat gosong. Angkat, tiriskan, tata di piring saji. (udah bisa sambil dicemilin nih, hehehe).

MEMBUAT SAUS TOMAT

Tumis bawang bombay, bawang merah, bawang putih, serta cabai rawit. Masukkan potongan tomat sambil dihancurkan dengan sutil. Jika sudah layu tuangkan 1-2 gelas air. Tambahkan bumbu-bumbu (garam, gula, penyedap rasa, bubuk lada). Koreksi rasa sampai pas, lalu tuangkan larutan maizena. Aduk dan didihkan sampai meletup-letup.


PENYAJIAN

Siramkan saus tomat di atas kol crispy yang sudah ditata di piring saji. Tambahkan potongan tomat secukupnya dan sajikan dengan atau tanpa nasi. Yummy! Apalagi ditemani air es tomat yang segar. Selamat mencoba!
 Tambah langkah


This entry was posted in

0 komen pemBACA:

Posting Komentar

Komentari yang sudah diBACA yuk :)