Jumat, 30 September 2016

RESEP: Simple Omurice/Omuraisu/Nasi Omelet



Simple Omurice/Omuraisu/Nasi Omelet

Semalem aku kepo akun Instagram Moinblog. Mupeng banget liat video makan Omurice. Telurnya bisa setengah mateng plus keju mozarella meleleh-leleh enak gitu kayaknya. Hmmm! Walaupun nggak bisa kayak aslinya, kreasi sendiri deh akhirnya untuk memuaskan diri. Worth to recook lho.

Bahan-bahan:

untuk 1 porsi

Bahan Nasi Goreng:
1 piring Nasi
4 siung Bawang merah, dirajang / iris tipis
2 siung Bawang putih, dicincang halus
2 buah Cabe rawit, atau sesuai selera pedasmu
1 sdt Garam
secukupnya Kecap
secukupnya Gula merah
secukupnya gula merah/gula pasir
Bahan Selimut Telur:
1 butir Telur Ayam
secukupnya lada bubuk

Bahan Saus:
Untuk saus tiram, cek di resep saya yang ini >> https://cookpad.com/id/resep/710025-steak-tempe-saus-tiram-pedas
Untuk creamy sauce sebagai alternatif lainnya >> Steamed Veggies with Creamy Sauce/Sayur Kukus Siram Saus Krim (Menu Diet) https://cookpad.com/id/resep/734334-steamed-veggies-with-creamy-saucesayur-kukus-siram-saus-krim-menu-diet

Langkah-Langkah:

MEMASAK NASI GORENG

Panaskan minyak di wajan. Tumis bumbu nasi goreng:
• bawang merah
• bawang putih
• cabe rawit
• gula merah

Masukkan nasi, aduk-aduk. Tambahkan bumbu lain:
• gula pasir
• garam
• merica bubuk
• kecap

Jangan lupa diicipin dan koreksi rasa. Angkat dan sisihkan (atau langsung tata ke piring saji dengan mangkuk agar rapi).

⚠Tips: Memasak nasi goreng agar tidak lembek biasanya dengan dimasak cepat dan apinya besar. Begitu juga dengan mie goreng, kwetiau goreng, dan sejenisnya. Hasil mengamati masakknya abang-abang tukang nasi goreng, hehehe.

MEMASAK SELIMUT/OMELET TELUR

Panaskan teflon di api kecil. Olesi minyak/margarin.
⚠Tips: Berbeda dengan masak nasi goreng di wajan besi/aluminium yang tahan suhu tinggi, memasak omelet di teflon atau wajan anti lengket harus dengan api kecil agar teflonmu awet dan tidak berbahaya bagi kesehatan. Suhu tinggi menyebabkan bahan teflon (lupa namanya apa, susah spellingnya euy) mudah rusak dan bersifat karsinogen (rawan kanker). Hasil baca manual-book pas teflonnya masih baru dan googling lho.

Tuangkan kocokan telur plain (tanpa garam & bumbu lain, karena rasa sudah kuat di nasi goreng dan saus). Tipiskan dengan melebarkannya ke semua bagian teflon hingga merata. Punya saya sih ukuran diameter 18cm doank. Tidak usah dibalik tapi langsung tutupkan ke nasi goreng yang sudah ditata di piring saji (dicetak dengan mangkuk kecil). Taburkan sedikit lada bubuk (lagi nggak ada garnish lain jadi flat banget kurang colourful).


PENYAJIAN

Sampai langkah di atas sebenarnya sudah bisa langsung dihidangkan sih, namun karena waktu itu saya lagi mupeng sama lumer-lumer di postingan instagram Moinblog tapi nggak punya keju mozarella, jadi saya siramkan saus tiram. Bahan dan cara membuatnya ada di resep saya "Steak Tempe Saus Tiram Pedas." Bedanya kali ini saya tambahkan cacahan telur omelet karena tadi lebih. Pilihan lainnya kalau bosen saus tiram, bisa pakai creamy sauce seperti pada resep saya "Steamed Veggies with Creamy Sauce". Siramkan di atas omurice sebelum dimakan.

This entry was posted in

0 komen pemBACA:

Posting Komentar

Komentari yang sudah diBACA yuk :)