Jumat, 21 April 2017

AKU (BUKAN) KARTINI


Bukan, Tuan!
Saya bukan Kartini
Saya adalah saya sendiri

Tidak, Tuan!
Saya tak hendak menyangkal sejarah
Terakuilah Kartini nan dikisahkan dengan megah
Sebagai simbol puan penggugah

Ya, Tuan!
Memang saya pun puan
Namun tak hendak disama-samakan
Beliaulah beliau adanya
Saya adalah saya saja

Dengar, Tuan!
Kartini dan saya hidup di beda zaman
Pun kami berbeda azam
Saya tak lagi menuntut setara
Sebab para puan kini melebihi Tuan pun bisa
Bahkan yang melampaui kodratnya pun ada
Bukan itu, Tuan!
Saya hanya puan jelata tanpa tahta
Mana kuasa mengubah segala-gala sepertinya
Saya hanya puan yang mengubah diri sendiri saja
Setengah mati susahnya

Maka dari itu, Tuan!
Saya hanya hendak menyampaikan pinta
Pada sesama puan seperti saya
Agar tak henti mendalami sebanyak-banyak ilmu
Agar tak membeo kejahilan akhir masa
Agar menyadari kecantikan dirinya
bukan dari bersolek rupa
melainkan salim nuraninya

©DwisRiyuka | 20170421
This entry was posted in

0 komen pemBACA:

Posting Komentar

Komentari yang sudah diBACA yuk :)