Senin, 28 November 2011

9 Tipe Penamaan Facebook

Assalamu’alaikum, Kawan...
Kali ini kita ngomongin masalah penggunaan teknologi jejaring sosial yang sedang kita gunakan ini... Ya, FaceBook atau FB. Pernahkah teman-teman teringat atau kangen sama teman lama, misalnya teman SD atau SMP? Atau teman-teman mau cari teman seangkatan di SMA yang dulu gak sekelas? Nah temen-temen pasti pernah mencoba mencari mereka di FB kan...? Namun sayang ya, kita terkadang tidak bisa menemukan mereka.
Tidak ada yang salah dengan teknologi, tapi penggunanya yang sedikit menyimpang dari fungsi/tujuan diciptakannya teknologi tersebut. Seperti halnya FB yang diciptakan untuk mempermudah komunikasi namun dalam aplikasinya kita tetap kesulitan mencari “seseorang” karena modifikasi nama (biasanya disebut lebay). Dari sini bisa kita klasifikasikan tipe2 gaya penamaan di FB. Sebelumnye maaf-maaf ye kalo ade salah kate... Tulisan ini cuma opini, tapi semoga bermanfaat. Simak yuuuk... –mohon maaf pula bilamana ada kesamaan nama sebagai contoh-



Tipe 1. SIMPLE and HONEST
Nama yang ditulis adalah nama asli, tidak dibuat-buat alias polos. Ini memudahkan kita untuk membaca atau mencari namanya.
Contoh: Nama asli Sartika Parira, maka nama FB’nya juga Sartika Parira; Nama asli Karnina Wijayanti Briandika dan di FB pun namanya Karnina Wijayanti Briandika.
Tipe 2. SHORTENED but still HONEST
Orang golongan ini menulis namanya menjadi lebih singkat dengan singkatan atau nama panggilannya -mungkin karena namanya terlalu panjang- namun tetap menuliskan nama asli di opsi “nama lain”nya. Jadi saat orang lain search nama aslinya, ia masih bisa ditemukan ^_^
Contoh: Nama asli Mario Hendra Subekti, nama FB adalah Rio Mario (Mario Hendra Subekti); Nama asli Dwi Sri Wahyu Amalika, nah nama FB’nya Dwis Riyuka (Dwi Sri Wahyu Amalika) -hehe penulis masuk tipe ini-.
Tipe 3. MODIFIED NAME
Namanya emang nama asli sih, tapi spelling’nya itu beda banget. Ini adalah salah satu tipe yang menghambat pencarian kita –kayak detektif aja-
Contoh: Nama asli Nur Wahid Septanto, di FB namanya Noer Wahied Sephtantoo. Nama asli Eka Sarindah, but in her FB she’s Echaa Shariindagh.
Tipe 4. MOTIVATION INSERTED
Si empunya FB ini mungkin ingin membubuhkan kutipan favoritnya/kata2 motivasi di namanya, tapi sungguh terlalu panjang dan menyusahkan.
Contoh: Syartiichaa IngindTeruusBrkaryaa, Handoko HrusTtepPositifThinking, Dhiyan Ferdian SlaluAdaUntukmu, dll
Tipe 5. CHARACTER INSERTED
Mirip dengan tipe 4 hanya saja ia membubuhkan sifat, keinginan, kesukaan, atau ketidaksukaan dengan pede’nya –bisa dibilang narsis sih- Kebanyakan, cewek yang ada di tipe ini.
Contoh: Syarticha Sii Jutex, Luphy PhobiaKuchiiingItem, Bhebby GakPngendPatahHatiLagi, dll
Tipe 6. BLOOMING COUPLE
Tipe ini lumayan banyak Lho anggotanya. Mungkin si pemilik FB ini ingin menunjukkan betapa ia setia dan mencintai sang kekasih, atau mereka emang sedang berbunga-bunganya, atau malah jadi ajang pamer pasangan... Aaah entahlah... Yang penting bagi sebagian orang, ini melelahkan mata yang membaca.
Contoh: Luqman LuphBangetSama Aisha, apalagi kalau ternyata status hubungannya menikah dengan Aisha JgLuphBangetSama Luqman padahal ya masih pacaran aja...ckckckck -.-
Tipe 7. FANATIC FANS
Nah bagi para fans orang2 ternama –entah itu aktor/aktris, penyanyi, band, atawa seniman2 lainnya- pasti nyisipin nama yang difans/FansClubnya.
Contoh: Phyka Belieber Sejati, Vicki Sevenfoldism, Noer Achmad AremaniaJogja, dll
Tipe 8. UNGRATEFUL, not HONEST
Kurang bersyukur dengan namanya... Jadi nama FB’nya jelas bukan nama asLinya. Entah apa maksudnya.
Contoh: Nama asli Bintang Putrista nama FB malah Princess StarLight, atau Princess CuteStar Bersinar, dll
Tipe 9. RANDOM and TOO LONG, YOU MAY UNFRIEND
This type is the most annoying. Sebenarnya juga masuk tipe 3-8. Udah panjang, tulisannya besar kecil,  ada tanda koma kek petik kek, gak menggambarkan nama, jadi pengen ng’remove/unfriend, tapi tuh temen sendiri... Tuh kan mendilemakan –yang lagi trend, menggalaukan-
Contoh: ‘Sii MoeNgiL SuKaKamoe’, -Dhezzta MncintaiLathiief SepenuHatii-¸ dll

Nah, Guys Girls... tipe yang mana nie kamu? Kalau 1 or 2, yaaa bagus. Anda cukup sederhana, memang eksistensi dan ketenaran bukan dilihat dari panjang dan rumitnya nama FB Anda. Namun bagi Anda yang masih di Tipe 3-9, bukannya saya men’judge itu jelek, tapi alangkah baiknya jika Anda menggunakan FB dengan asaz kemanfaatannya juga. Orangtua pun memberi nama itu dengan butiran2 doa di dalamnya. Haruskah pula kita ngecek foto kalau mau tau siapa ini yang nge’add atau comment? Hufft... That’s really wasting of time. Tak ada kedewasaan dan kewibawaan yang ada di nama2 yang tidak jelas. Terima kasih bila Anda menjadikan tulisan ini sebagai instropeksi. Namun saya bukan manusia sempurna, maafkan bila ada kata yang tak berkenan di hati (^_^)
Wassalamualaikum

0 komen pemBACA:

Posting Komentar

Komentari yang sudah diBACA yuk :)